Natindonews.com, Natuna – Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi hadir dalam Rapat Koordinasi Video Conference dengan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Bertempat di Ruang Rapat Kantor BP3D Kabupaten Natuna, Rabu 24 Juni 2020.

 

 

Adapun Vidcon yang di laksanakan guna membahas Rakor terkait persiapan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020 mendatang.

 

Mendagri Tito Karnavian, dalam sambutannya mengatakan bahwa pada 15 Juli 2020 mendatang akan dilakukan pemutakhiran data secara Door to Door.

“Untuk itu kepada seluruh Kepala Daerah dipesankan agar anggaran operasional penyelenggaraan Pilkada harus segera diserahkan kepada KPUD dan Bawaslu daerah”, Jelas Tito.

 

Selain itu, Tito Karnavian juga mengatakan penyelenggaraan Pilkada dalam kodisi Pandemi Covid-19 para petugas lapangan memiliki potensi tinggi terpapar Virus Corona, karena akan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

 

“Untuk itu baik kepada KPUD maupun Bawaslu Daerah ditekankan pula bahwa persiapan prioritas yang harus segera dilakukan adalah penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) terutama diperuntukkan bagi petugas lapangan, baik  pada tahapan pemutakhiran data maupun pada tahap pemilihan suara nanti”, terangnya.

Lebih lanjutnya Tito juga menjelaskan bahwa dari anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah sebesar  14,9 T, saat ini sudah digunakan 5 T dan sisa 9,1 T untuk 270 daerah. Dana tersebut  dikhususnya untuk operasional Pilkada, tidak boleh dipergunakan bagi peruntukan lain.

 

Kepada 270 Daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak, diharapkan dapat segera mencairkan anggaran diatas untuk selanjutnya diserahkan kepada kepada KPUD, Bawaslu dan aparat keamanan, sehingga seluruh pihak yang menerima dana tersebut dapat segera bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing. (Oki)