NATINDONEWS.COM. NATUNA – Batu Kasah merupakan salah satu kawasan wisata favorit di Natuna. Site wisata ini menyuguhkan selaksa keindahan di sisi darat dan lautnya.

Di kawasan itu juga tersedia sejumlah sarana seperti gazebo, kano, ban renang dan lain sebagainya untuk mempermudah pengunjung menikmati keindahannya.

Satu segmen yang menjadi favorit di sana adalah permainan kano. Pengelola kawasan Wisata Batu Kasah telah menyediakan perangkat kano untuk pengujung yang suka bermain air.

Wilayah ini dinyatakan ideal untuk bermain kano karena perairannya yang relatif dangkal, air jernih dan dengan arus yang tidak terlalu keras.

Bagi penggemar exercise, tentu segmen ini menjadi satu yang hal prioritas dilakukan bila berkunjung ke kawasan tersebut.

Ijal, seorang penyuka permainan menantang ini mengaku, batu Kasah merupakan satu tempat yang tepat untuk melakoni permainan air yang memerlukan tenaga dan keseimbangan itu.

Meskipun perairan itu relalif aman dari tantangan, tapi bermain kano di kawasan itu cukup membutuhkan perjuangan karena riak-riak gelombang cukup membuat adrenalin dan tenaga terkuras dalam upaya mempertahankan keseimbangan

“Terakhir hari Minggu kemarin saya main kano di Batu Kasah. Bagi saya ini menarik karena air dan bawah lautnya cantik. Asyik untuk berhibur dan berolah raga,” ungkap Ijal kepada koran ini di Ranai, Senin (15/7).

Di samping keindahan laut, sisi darat kawasan itu juga dianggap menjadi warna tersendiri menikmati permainan kano di perairan itu.

Kawasan Batu Kasah terdiri dari hamparan pantai yang terkombinasi dengan tumpukan bebatuan raksasa di bagian sisi kanan dan kiri.  Di kawasan itu juga didominasi pepohonan kelapa yang daunnya melambai hijau nan indah dengan campuran sejumlah pohon ketapang dan berbagai jenis tetumbuhan perdu.

Kemudan di sisi seberang, terhampar indah Pulau Kemudi dengan pasirnya yang putih dan kawasannya masih hajau dengan berbagai tetumbuhan.

“Apalagi di sini enak selfi dengan latar belakang Pulau Kemudi, Pantai Batu Kasah dan kapal-kapal nelayan yang lalu – lalang. Kita tidak melihat daratan dalam satu sisi saja, tapi dua sisi. Pokoknya indah banget lah, memuaskan,” tegasnya.

Akan tetapi sebagai kawasan wisata yang baru dikelola, Ijal tentu mempunyai banyak saran dan pandangan mengenai kemajuan kawasan itu ke depannya, terutama sekali menyangkut hal-hal keperluan dasar bagi pengunjung seperti sarana telekomunikasi dan tempat tinggal.

“Ke depan mungkin sarana dasar yang perlu dikembangkan seperti di sini signal belum terlalu mendukung, masih susah upload foto apalagi video. Tapi ini sudah bagus banget, semoga pengembangan dapat dilakukan secepatnya,” pungkas Ijal. (Red)