NATINDONEWS.COM,ANAMBAS-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan terus melakukan pengembangan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan KKA, hal ini dijelaskan oleh Kepala Disprindag sendiri Usman di ruang kerjanya.

Usman juga menjelaskan, bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Tokopedia shopee dan Aruna, untuk bisa memberikan bimbinga tehknis kepada pelaku UMKM yang ada di KKA, agar lebih mempermudah cara promosi hasil olahanya.

“Untuk UMKM yang ada di KKA ini mencapai 3772 seanambas sebagian saja yang memahami cara dan teori menggunakan Hp dan sistem pemasaran yang ada di Tokopedia Shopee dan Aruna,”Pungkas Usman saat di wawancara media ini, Senin (29/06/2020)

Lebih lanjut Ia juga menjelaskan, di jaman digital ini persaingan menjadi tambah mudah dan mendapatkan keuntungan yang cukup bagi yang mengetahui nya, Namun tidak dipungkiri untuk Anambas masih ada kekurangan dari segi SDM maupun jaringan nya.

“Kita akan terus berusaha untuk kemajuan Anambas di bidang perdagangan khas daerah kita, namun yang terpenting adalah niat dan kemauan bagi pelaku UMKM itu sendiri, karana untuk penjualan melalui Media siber atau malalui secara online ini ada mudah dan ada susah nya juga,” pungkas nya.

Dilaintempat Bupati KKA H. Abdul Haris S.H juga mengatakan, sudah disarankan agar secepatnya untuk membuat surat kepada Tokopedia dan Shopee agar pemeruntah Anambas bisa melakukan telkopren bersama pihak yang bersangkutan untuk memberikan penjelasan terkait penjualan dan pemasaran UMKM yang ada di Anambas.

“Selaku bupati KKA saya juga bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat Anambas, apalagi di saat pandemi covid-19 ini, agar pelaku UMKM bisa memasarkan hasil olahan nya ke situs online,” papar Haris.

Lanjut Ia namun kita harus bersukur dengan adanya MoU anatar Pemkab Anambas Dengan Shopee dan Tokopedia ini akan mempermudah bagi pelaku UMKM untuk menjajakan hasil karyanya atau olahan nya.

“Yang jelas sampai hari ini kita kita sudah memperluas hasil olahan pelaku UMKM dan ini akan terus berjalan dan berkembang hasil hasil olahan khas Anambas,” tutup nya.(Kaswin)