Pilih Laman

Natindonews.com. Tulang Bawang Barat – Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), menjadi salah satu Daerah Kabupaten di Provinsi Lampung yang turut terdapat wabah virus corona, pasalnya hingga saat ini Selasa (28/4/2020) terdapat 4 orang warga dinyatakan positif Covid-19.

Akibat pandemi Covid-19 yang telah mendunia dan hingga saat ini seluruh wilayah Indonesia berstatus darurat nasional atas wabah virus tersebut, Kabupaten Tubaba saat ini sedang mempersiapkan berbagai program yang mengikuti instruksi pemerintah pusat, berupa penyediaan peralatan Medis wabah Covid-19 hingga berbagai bantuan untuk warga terdampak.

Pantauan media ini, pemerintah pusat dan daerah telah mempersiapkan berbagai bantuan yaitu melalui Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kementerian Sosial (Kemensos), Program Maju Sejahtera (Mantra) dari APBD, Sembako, dan BLT dari Dana Desa (DD).

Berdasarkan data yang dihimpun wartawan data penerima bantuan untuk warga Tubaba terdiri dari bantuan melalui program PKH untuk 11.195 penerima, program Mantra Tubaba 11.113, BLT Kemensos 11.948, Sembako 10.076, dan BLT DD 13.404 penerima, sedangkan untuk jumlah Kepala Keluarga seluruh Kabupaten Tubaba berjumlah 100.281.

Dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Tubaba, Somad yang didampingi Muhammad Yusuf Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial kepada media saat ditemui dihalaman Gedung DPRD Tubaba usai menghadiri rapat tertutup bersama Anggota DPRD diruang Komisi Dua, bahwa bantuan-bantuan tersebut direncanakan akan direalisasikan pada pertengahan bulan Ramadhan, atau pertengahan bulan Mei 2020.

“Hari ini, Kami dari menghadiri undangan Rapat bersama DPRD Tubaba di Ruang Komisi Dua, pada intinya DPRD ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan penyaluran bantuan program atas dampak virus corona di Tubaba, selain itu DPRD Tubaba juga ingin mengetahui data dan progres penerima bantuan dan sumber anggarannya,” kata Muhammad Yusuf didampingi Somad Plt.Kepala Dinas Sosial Tubaba, Selasa (28/4/2020)

Pemberian Masker Gratis untuk Masyarakat
Dijelaskan Yusuf, bahwa bantuan akan disalurkan untuk warga terdampak Covid-19 wilayah Tubaba untuk bulan April, Mei dan Juni 2020 , sedangkan berkaitan dengan anggaran Program Bantuan Mantra yang bersumber dari APBD Kabupaten Tubaba, sementara ditunda penyalurannya menunggu kebijakan pimpinan.

“Kalau untuk Program Bantuan Mantra Tubaba, uangnya memang ready, hanya saja belum kita salurkan karena pemerintah pusat meminta data ke daerah untuk waktu yang cepat, maka kami serahkan data warga yang menerima program Mantra, dan untuk data warga terbaru sedang didata kembali untuk program bantuan dari daerah,” jelasnya.

Berkaitan dengan data para penerima bantuan, menurut Yusuf dan Somad akan memastikan tidak akan terjadi tumpang tindih penyalurannya dan semu data penerima bantuan dikeluarkan oleh Dinas Sosial Tubaba.

“Insyaallah data penerima tidak akan tumpang tindih atau mendapat bantuan ganda dari pusat, kecuali bantuan dari pemerintah daerah. Misal ada warga dapat bantuan dari PKH, tapi dapat lagi dari Dana Desa, itu tidak boleh karena sama-sama bersumber dari APBN langsung, tapi kalau ada warga dapat PKH tapi dapat lagi Sembako dari Kabupaten itu nggak masalah. Insyaallah pertengahan puasa Ramadhan ini bantuan bantuan akan tersalurkan,” pungkasnya.rb/dr