NATINDINEWS.COM. PURWAKARTA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 0619/Purwakarta dipusatkan di dua wilayah Kecamatan yakni Kecamatan Campaka dan Kecamatan Cibatu.

Kegiatan TMMD ke-106 ini dilaksnakan untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat ini akan berlangsung selama 30 hari kalender, dari 2 Oktober hingga 31 Oktober 2019 mendatang.

“Kegiatan TMMD ini untuk meningkatkan kesejahteraan, pemerataan pembangunan serta untuk membantu memecahkan kesulitan sosial yang dihadapi masyarakat”, ucap Letkol Arh Yogi Nugroho, di Purwakarta, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan TMMD, katanya, berupa fisik dan non fisik. Kegiatan fisiknya berupa pembangunan jalan penghubung antar desa, pembuatan saluran air, rehab rumah warga, rehab Mushola dan lain sebagainya.

Untuk non fisik, lanjut Dandim Purwakarta, terdiri dari kegiatan penyuluhan kesehatan, Bintahwil, difokuskan pada sekolah-sekolah di wilayah Cisaat dan Ciparungsari.

Yogi Nugroho juga mengatakan, selain pembangunan sejumlah infrastruktur, pelaksanaan program TMMD ke 106 yang digelar Kodim 0619/ Purwakarta, di Desa Cisaat dan Ciparungsari menyasar pembangunan non fisik.

“Sasaran pembangunan non fisik yang dilaksanakan pada TMMD 106 diantaranya adalah penyuluhan wawasan kebangsaan, sunatan massal, pelayana KB gratis, pengobatan gratis, pembuatan KTP, KK hingga perpanjangan SIM,”jelasnya.

“Semua kita koordinasikan dengan lintas sektoral, baik dengan Pemda maupun dengan Kepolisian. Ada juga berbagai penyuluhan yang akan dilaksanakan, seperti penyuluhan bela negara, kesehatan, pertanian, hukum serta penyuluhan lainnya yang diperuntukan bagi pelajar dan orang dewasa di lokasi TMMD,” tandas Letkol Yogi.

Seperti diketahui, kegiatan TMMD yang akan berlangsung satu bulan itu akan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan RT,RW, LPM, tokoh masyarakat, kader PKK serta siswa-siswi sekolah di wilayah Cisaat dan Ciparungsari. (Red)

Laporan: Dedi