NATINDONEWS.COM. Tubaba- Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat, diduga telah membagikan sejumlah uang kepada beberapa oknum wartawan sebagai keamanan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 melalui salah satu staf bendahara atas perintah Kadis Dinas Pendidikan.

Dana Alokasi Khusus (DAK), adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK termasuk Dana Perimbangan, di samping Dana Alokasi Umum (DAU).

Namun hal tersebut sangat jauh berbeda dengan dana DAK yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Tulang Bawang Barat. selasa (021/01/2020).

“Di tahun 2019 pada bulan Desember, salah satu staf bendara dinas pendidikan berinisial B atas perintah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat telah membagikan uang keamanan untuk Dana Lokasi Khusus (DAK) sejumlah satu juta Lima Ratus Ribu Rupiah kepada beberapa oknum wartawan,” jelas salah satu wartawan yang ada di Tulang Bawang Barat, yang namanyavtidak mau disebutkan, Selasa (21/1/2020).

Ditambahkanya sumber uang sejumlah satu juta Lima ratus ribu rupiah tersebut dibagikan kepada oknum wartawan setiap tahun, untuk keamanan kegiatan Dana alokasi khusus (DAK) yang diperuntukkan untuk sekolah.

“Contoh nya saja saya diberikan uang sejumlah satu juta Lima ratus ribu rupiah oleh staf bendahara berinisial B di kantornya atas perintah Kadis Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ungkapnya.

Terpisah, Bendahara Dinas Prndidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat, Badri saat dikonfirmasi melalui telepon, membenarkan adanya pegamanan dak untuk sejumlah wartawan pada bulan Desember lalu.

“Namun sekarang sudah habis karena kalian telat, hanya saya pastikan tahun ini yang gak dapat pasti dapat kok uang pengaman DAK dari Dinas Pendidikan,” paparnya kepada media terkait indikasi dugaan pemberian uang sejumlah satu juta Lima ratus ribu rupiah kepada beberapa oknum wartawan untuk pengamanan Dana Alokasi Khusus (DAK), tahun 2019. Sampai berita ini diterbitkan Kadis Dinas Pendidikan Tulang Bawang Barat belum dapat dihubungi.

Penulis:Robinsah