NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah serta komponen lainnya, yang menitikberatkan pada pembangunan di daerah terpencil maupun daerah perbatasan.

“Program TMMD ke-106 Kodim 0619/Purwakarta yang dilaksanakan di Desa Cisaat, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Purwakarta, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan bela negara serta mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat,” ujar Dandim Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, Sabtu (12/10/2019).

Lanjutnya, pada TMMD kali ini Kodim 0619/Purwakarta membangun jalan penghubung antar Desa Cisaat dan Desa Ciparungsari sepanjang 650 meter, lima unit Rutilahu, rehab Mushola dan Pos Kamling.

“Dalam kesempatan ini Kodim mengajak masyarakat untuk bersama dengan TNI bergotong-royong membangun desanya untuk membuat jalan, sehingga akses masyarakat untuk membawa hasil kebun dapat lebih mudah,” jelasnya.

Yogi menambahkan, dukungan masyarakat desa yang sangat antusias mengikuti kegiatan TMMD membuat program tersebut berjalan lancar.

“Selain bantuan tenaga, para warga sekitar lokasi juga menampung para prajurit tersebut tinggal bersama di rumah-rumah mereka selama kegiatan TMMD,” urainya.

“Bahkan terkadang prajurit juga ikut bantu memasak dan kegiatan lainnya. Demikian juga warga secara sukarela menyiapkan makanan yang dibutuhkan tanpa diminta,” tandas Yogi.

Suherman, warga Cisaat menyambut baik dan memberi apresiasi atas pelaksanaan program TMMD yang diselenggarakan Kodim 0619/Purwakarta.

“Partisipasi dan keikutsertaan warga bersama dengan anggota Satgas bergotong – royong membangun jalan yang ada di desa, menjadi bukti nyata betapa TNI dan warga begitu mesra,” tuturnya.

Dirinya berharap, semoga gotong-royong, semangat kebersamaan ini terus dipelihara. Nilai budaya gotong-royong terus dihidupkan dalam membangun daerah kita.

“Semoga hasil TMMD ini nanti dapat bermanfaat secara maksimal dan menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (Red)

Laporan: Dedi