NATINDONEWS.COM. NATUNA – Hampir sepekan terakhir, kabut asap tebal mnenyelimuti Kabupaten Natuna. Kondisi ini dikhawatirkan dapat mengakibatkan masyarakat terserang ISPA.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kesmas) Dinasa Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan, kondisi kabut asap menyelimuti kabupaten natuna saat ini dikhawatirkan bisa membuat masyarakat terserang berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh kabut asap seperti ISPA.

“Yang paling mengkhawatirkan adalah muncul ISPA, potensi munculnya penyakit itu sangat memungkinkan pada saat keadaan alam seperti yang terjadi belakangan ini,” kata Hikmat diruang kerjanya. Rabu (8/5).

Pada tahap awal ini, pemerintah daerah sudah melakukan monitoring kesetiap puskesmas dan menyampaikan apabila ada peningkatan kasus penyakit yang diakibatkan oleh kabut asap seperti ISPA, dan jika kondisi lingkungan atau kabut asap sudah menganggu pernafasan agar segera membagikan masker kepada masyarakat.

“Kita sudah menyampaikan kepada setiap puskesmas, agar selalu memantau perkembangan dilapangan. Jika terdapat pasien yang terdeteksi terjangkiti ISPA segera melaporkannya,” ucapnya.

Hal ini menurutnya harus menjadi kewaspadaan utama semua pihak agar jangan sampai ada masyarakat yang terjangkiti.

“Tapi Alhamdulillah sejauh ini masih belum ada masyarakat yang terdeteksi terjangkiti ISPA, tapi semua pihak harus waspada. Apalagi kabut asap ini diperkirakan  berlangsung cukup lama,” ungkapnya.

Terkait hal di atas, Hikmat menekankan kepada semua pihak agar dapat mengambil tindaka antisipasi atas kemungkinan terjadinya ISPA.

“Kita sarankan kepada masyarakat agar dapat menggunakan masker sewaktu diluar rumah, karena dampak dari kabut asap ini cukup berbahaya,” tutupnya. Laporan (Red).