NATINDONEWS.COM. ANAMBAS –  Penangkapan kapal Warga Negara  Asing (WNA) Vietnam oleh Kapal perang KRI Cut Nyak Dien – 375 pada tanggal 11 september 2019 di perairan Jemaja Kabupaten Anambas ini diserahkan ke Lanal Tarempa, Kamis (12/9/19).

Kapal berisikan (ABK) 5 orang dari warga negara Vietnam ini melakukan pencurian ikan secara illegal tanpa dilengkapi surat surat kapal  di wilayah ZEEI melanggar UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, Pasal 27 ayat 2, Pasal 35 A ayat 2 Jo Pasal 93 ayat 2,4 Mengenai Kapal Ikan Asing.

Kapal Vietnam TFA 063 Tonage: ±42.71 GT dengan bendera Vietnam di Nakhodai oleh Bui Van Ngo adalah warga Negara Vietnam dengan 4 orang anggota diduga telah mencuri ikan di perairan Indonesia.

Penyerahan kapal asing kepada Lanal Tarempa tersebut dihadiri oleh Dan KRI CND 375 Letkol Laut. Amin Wibowo, S.T juga Danlanal tarempa, Letkol Laut. Nur Rochmad I, S.T., M. Si dalam serah terima antara KRI CND dan Lanal Tarempa tanda bentuk kerja sama, yang baik sesama Anggota TNI Angkatan Laut yang menjaga kelautan Indonesia.

“Kami akan memberikan penindakan tegas, bagi kapal warga negara asing yang memasuki wilayah kedaulatan Ripublik lndonesia baik itu kapal ikan asing (KIA) atau kapal asing lainya. Proses hukum tetap ditegakan dan tidak ada kata tebang pilih,” tutup nya.

Turut menghadiri acara serah terima kapal Ikan Asing (KIA), Palksa KEI CND, Pasops Lanal Tarempa, Pasintel Lanal tarempa, Kadepops KRI CND, dan Paurlid Sintel Lanal tarempa Mood. (Kaswin)