NATINDONEWS.COM. NATUNA – Dihari pertama menjabat sebagai Kepala Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Natuna, Wan Siswandi tinjau persiapan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar penggalang tahun 2019, Rabu (11/9) di Pemandian Air Hiu Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Dalam kesempatan tersebut, Wan Siswandi melihat lansung kondisi lokasi, para pelatih dan peserta latihan. Pelatihan dasar kepramukaan ini meliputi Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Kegiatan diikuti oleh siswa sekolah dasar, SMP, SMA dan Mahasiswa.

“Kita dukung kegiatan positif ini. Ini memang sudah menjadi kewajiban adek-adek pramuka, untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan tingkat dan tahapanya,” ungkap Wan Siswandi.

Wan Siswandi berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dasar kepramukaan para peserta, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan kedepannya peserta Pramuka di Natuna Meningkat. Dan kita sadari selama ini sudah kita lihat kinerja Pramuka di Natuna, aktif dan cukup membanggakan. Kita juga berharap komunikasi terus terjalin antara Pramuka dan Pemerintah Daerah,” terangnya.

Sementara itu Pelatih Pramuka Nasional, Suyahman menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini mengajarkan 5 materi kepraukaan, antara lain keorganisasian, manajerial, leadership, kepramukaan dan perencanaan kegiatan berkualitas.

“Pada dasarnya, pelatihan ini untuk pengembangan diri sesuai dengan karakter anak didik dan kearifan lokal,” terangnya. (Red)