NATINDONEWS.COM. NATUNA – Tak mau kecolongan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan di wilayahnya, Komisi II DPRD Natuna hadir mengawal jalannya proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan wilayah II, tahun 2020, di gedung Madah Kencana Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut. Rabu, (12/02/2020) malam.

Dalam giat tersebut, Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki bersama anggota DPRD lainya, Saifullah, Azi, Aryandi, dan Hendri FN turut mengikuti jalanya Musrenbang.

Disela jalanya musrenbang, Marzuki mengatakan bahwa pihaknya akan tetap mengawal segala usulan-usulan masyarakat yang bersifat prioritas.

“Kami dari Komisi II akan mengawal ini, jangan seperti tahun lalu, ada dua Kecamatan Bunguran Barat dan Kecamatan Bunguran Batubi itu tidak muncul di tahun 2020 ini, padahal itu prioritas. Ya minimal ada dua lah yang muncul per kecamatannya,” ujarnya.

Kendati demikian kata Marzuki, masyarakat juga diharapkan dapat memahami kekuatan anggaran. Pasalnya, segala program-program yang telah diusulkan untuk 2021 nanti, dinilai jauh melebihi anggaran yang tersedia saat ini.

Marzuki menjelaskan, 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna, telah mengusulkan berbagai program melalui Musrenbang dengan estimasi anggaran keseluruhannya sebesar lebih kurang 4 Triliyun rupiah.

Namun, angka tersebut sangat jauh dibandingkan dengan kekuatan anggaran yang tersedia saat ini dengan jumlah 1,3 triliyun saja.

“Dan juga kita berharap kepada masyarakat, memahami keterbatasan anggaran di Pemerintah Kabupaten. Hampir 4 triluan yang dibutuhkan untuk bisa merealisasi segala usulan dari seluruh Kecamatan se-Natuna. Sementara ketersediaan anggaran kita jauh dibawah itu,” pungkasnya mengakhiri.

Diketahui Musrenbang tingkat Kecamatan wilayah II  diikuti 6 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Pulau Laut, Kecamatan Bunguran Barat, Kecamatan Bunguran Utara, Kecamatan Bunguran Batubi, Kecamatan Pulau Tiga, dan Kecamatan Pulau Tiga Barat. (Zal/Red)