NATINDINEWS.COM. PURWAKARTA – Di sela-sela pengecoran jalan di Desa Ciparungsari, personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 0619/Purwakarta memanfaatkan waktu istirahat untuk melaksanakan komunikasi sosial di rumah warga.

Selain mengerjakan pekerjaan fisik berupa pengecoran jalan, pembangunan gorong-gorong, rehab Mushola dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), personel Satgas dan masyarakat selalu melakukan komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat saling bertukar informasi, sekaligus mengetahui kesulitan dan keluhan yang sedang dialami oleh masyarakat.

Seperti yang dilakukan anggota Satgas TMMD Pelda Adang, terus melaksanakan jalinan silaturahmi dengan warga sekitar lokasi TMMD juga melalui komunikasi sosial karena banyak manfaat yang diperoleh, baik bagi prajurit TNI maupun bagi masyarakat setempat.

“TMMD bukan saja mengerjakan sasaran fisik tetapi lebih dari itu bagaimana masyarakat mengenal anggota TNI lebih dekat lagi. Komunikasi dengan masyarakat sangat penting dalam setiap pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa, karena komunikasi untuk menciptakan kedekatan atau kemangunggalan merupakan rohnya kegiatan TMMD,” ujarnya di Kampung Bayur, Selasa (15/10/2019).

Dikatakan Pelda Adang, melalui kegiatan komunikasi sosial dengan seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat membantu kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan TMMD.

“Dengan menjalin hubungan erat antara Satgas TMMD dengan para tokoh masyarakat akan menjadikan ikatan persaudaraan yang kuat, sehingga akan tumbuh jiwa persatuan dan kegotong-royongan, ini sangat diperlukan guna mensukseskan jalanya program TMMD kali ini,” jelasnya.

Sementara itu Misjum, warga Kampung Bayur mengaku, begitu senang jika ngobrol dengan personel TNI, karena TNI sangat merakyat seperti tidak ada batas dengan masyarakat.

“Semoga TNI selalu semangat dalam melaksanakan kegiatan TMMD ini. Kami warga Desa Ciparungsari selalu mendukung dan akan membantu sebisa kami dalam kegiatan TMMD Reguler yang dilaksanakan Satgas TNI dan warga,” tutupnya. (Red)

Laporan: Dedi