NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Tradisi makan secara bersama yang digelar dalam satu tempat dan dinikmati oleh orang banyak, hampir tidak pernah terihat lagi di masyarakat kita. Tradisi ini kita dapati biasanya hanya saat acara kendurian ataupun perayaan syukuran.

Namun dengan adanya program TMMD, tradisi makan bersama secara bancakan bisa dilihat setiap hari di lokasi TMMD 106 di wilayah Kodim 0619/Purwakarta yang sedang berjalan sejak tanggal 2 Oktober 2019.

Seperti yang dilakukan oleh para personel Satgas TMMD Kodim 0619/Pwt di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka. Personel Satgas berbaur dengan warga, ibu-ibu maupun anak-anak yang ada di desa tersebut untuk makan siang bersama.

Babinsa Koramil 1901/Wanayasa Serda Idah K Haryanto mengatakan, kebersamaan ini sengaja dilakukan untuk lebih mendekatkan diri kepada warga, dan sekaligus melestarikan tradisi warga Jawa barat.

“Biasanya makan seperti ini ketika hanya ada kendurian saja, tetapi kita lakukan setiap hari saat pelaksanaan TMMD, tujuannya untuk kebersamaan dan melestarikan tradisi di yang hampir hilang, “ tuturnya.

Warsa (47), salah seorang warga kampong Babakan Cilandak mengatakan sangat senang dapat berbaur makan bersama dengan personel Satgas TMMD.

“Disini tidak ada perbedaan, laki-laki, ibu-ibu dan anak-anak kumpul semua makan bareng-bareng dengan bapak-bapak TNI, ini mengingatkan saya cerita dari orang tua dulu, para pejuang kita juga berbaur dengan masyarakat, masak bareng dan makan bareng dengan bapak-bapak tentara, “ pungkasnya. (Red)

Laporan: Dedi