Natindonews.com, Natuna – Pemerintah kabupaten Natuna mensuport kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan yang berbasis teknologi digital. Hal ini penting untuk mempermudah kegiatan pemerintah dan pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi informasi.

Bupati kabupaten Natuna Hamid Rizal mengaku teknologi informasi yang berbasis digital merupakan satu hal yang dikelola dan dikembangkan secara serius oleh pemerintah untuk mendukung pengembangan berbagai sektor yang ada di Natuna.

“Sekarang Kita tidak bisa lepas lagi dari teknologi terutama sekali teknologi informasi yang berbasis digital. Kalo kita mau lebih cepat maju kita harus menguasai dan pandai mempergunakan teknologi ini,” tegas Hamid di kantor nya beberapa waktu yang lalu

Pemerintah dalam kapasitasnya selaku fasilitator dalam pembangunan belakang ini menjadikan sektor layanan teknologi informasi digital sebagai salah satu fokus pembangunan daerah.

“Maka segala jenis infrastruktur yang di perlukan dalam upaya memperluas jaringan telekomunikasi kita upayakan sekuat tenaga agar kegiatan kegiatan digital yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat dapat kita dorong secara maksimal,” sebut Hamid

Senada dengan hal yang di atas, kepala dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Natuna Raja Darmika menegaskan pihaknya hingga saat ini terus berupaya melakukan pengembangan infrastruktur telekomunikasi di daerah untuk mendukung pemerataan jangkauan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru di Kabupaten Natuna.

“Ya sekarang kita sedang melakukan pengembangan untuk memperkuat jaringan telekomunikasi agar semua bisa terjangkau,” sebut Raja Darmika

Mengenai kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat secara digital itu juga diakui Raja Darmika sebagai salah satu konsen nya dalam program kegiatan pembangunan yang berada dibidang Kominfo.

Iya mencontohkan di Natuna telah ada kegiatan masyarakat yang berbasis digital bernama Natunasmart sebagai salah satu star up yang melayani berbagai jenis transaksi masyarakat seperti antar jemput paket, penjualan tiket transfortasi dan ojek online.

Raja Darmika mengaku masih ada lagi aplikasi aplikasi berbasis digital yang dikelola oleh pemerintahan juga tidak luput dari konsen dukungan yang diberikan oleh Kominfo.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dan kreativitas masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi sebagai wadah usaha yang mereka jalani, ini akan kami dukung trus sehingga terwujud banyak icomer di Natuna bahkan kami berharap di Natuna dapat berdiri berbagai jenis unicoren-unicoren di Natuna sehingga teknologi informasi ini benar benar jadi sumber pendapatan masyarakat dan sebagai sumber pendapatan asli daerah,” papar Raja Darmika

Adapun jenis dukungan yang diberikan oleh pemerintah untuk pengembangkan jaringan teknologi ini, berupa peningkatan jumlah penyebaran infrastruktur telekomunikasi sehingga dapat menjangkau seluruh kegiatan masyarakat yang berada di wilayah kabupaten Natuna.

“Ini kita lakukan untuk menyasar semua wilayah, baik itu wilayah darat ataupun laut karena dilaut juga pemerintah sudah menjalankan aplikasi khusu untuk nelayan agar mereka bisa bertransaksi dari laut ke darat dan agar mereka juga bisa memberikan informasi-informasi yang berkenaan dengan keamanan di laut,” terang Raja Darmika

Selain dukungan imprastruktur, sarana dan prasarana, Raja Darmika juga mengaku telah banyak memberikan dukungan kepada masyarakat melalui pembinaan kemasyarakatan yang berbasis teknologi digital, pembentukan wadah telekomunikasi masyarakat seperti yang sedang di lakukan saat ini dengan membentuk Kelompok Informal Masyarakat (KIM).

“Kami juga sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat, tujuan nya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar mereka dapat mempergunakan internet secara sehat, memanfaatkan internet sebagai media transaksi dan mendorong mereka agar mau mempergunakan teknologi informasi sebagai salah satu sarana berusaha,” tandasnya Raja Darmika

Demikian Raja Darmika berharap dengan teknologi informasi ini dapat menjadi sarana kemajuan yang epektip bagi pembangunan daerah. (Red)