NATINDONEWS.COM, NATUNA – Kepolisian Resor (Polres) Natuna, melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-73, bertempat di lapangan pantai Kencana, Rabu pagi (10/07/2019), sekitar pukul 08.20 WIB. Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K, betindak sebagai Inspektur upacara, dan AKP.Rudi Prasetya bertindak sebagai Komandan upacara.

Upacara diawali dengan pemeriksaan barisan pasukan oleh Inspektur upacara. Kemudian dilanjutkan pembacaan tribrata Polri dan penyematan Bintang Karya Nararia kepada anggota Polres Natuna.

Amanat Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo yang dibacakan Kapolres Natuna mengatakan, atas nama rakyat, bangsa, dan negara Indonesia, mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-73, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, di mana pun bertugas.

Presiden juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan dengan Natal 2018 Tahun Baru 2019 sampai Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

“Kita juga merasakan situasi kamtibmas kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia”. terangnya

Selain itu, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air.
Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang dan kejahatan siber, lalu kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi.

Dalam arahannya Presiden juga menginstruksi kepada Polri, agar terus meningkatkan SDM untuk menghadapi tantanga tugas yang semakin kompleks, menuju indonesia emas 2045.
Mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis, dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
Terus meningkatkan kualitas pelayanan publik modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum profesional, transparan, dan berkeadilan.
Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.
Upacara HUT Bhayangkara ke 73 dimerihakan marching band SMAN 2 Bunguran Timur.
Turut hadir Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, Forkompinda, OPD Natuna, Tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat lainnya. (Red)