NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Infrastruktur yang dibangun oleh jajaran Kodim 0619/Purwakarta melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 diharapkan dapat menjadi sarana penunjang untuk terus mengggali potensi wisata Situ Cisaat di Kecamatan Campaka, Purwakarta.

Pasalnya, Pemkab Purwakarta, melalui Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Disporaparbud terus menyisir seluruh lokasi yang dianggap potensial untuk dikembangkan menjadi obyek wisata. Salah satu yang dibidik, yakni keberadaan situ yang tersebar di sejumlah desa.

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana menuturkan, pihaknya melirik potensi lain yang bisa dikembangkan untuk jadi obyek wisata. Apalagi, hasil inventarisasi jajarannya hampir seluruh desa di wilayah ini memiliki potensi pariwisata, baik wisata alam maupun wisata buatan.

“Sejauh ini, belum tergali dengan maksimal. Makanya, kami akan terus berupaya mendorong supaya masyarakat sadar wisata,” ujar Irfan Senin (14/10/2019).

Atas dasar itu, sampai saat ini pihaknya memfokuskan untuk menyisir lokasi-lokasi yang dianggap potensial untuk dikembangkan tersebut. Adapun lokasi yang potensial yang bisa dikembangkan ini, yakni Situ Cisaat, di Kecamatan Campaka.

Menurutnya, potensi-potensi di sektor pariwisata ini harus dikelola secara maksimal, baik oleh pemerintah ataupun masyarakat sekitar. Karena dari situlah, dia berpendapat, dapat memajukan perekonomian.

Di tempat terpisah, Komandan Kodim 0019/Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho menyampaikan, antara pembangunan fisik dan non-fisik berjalan beriringan. Kedua program tersebut dapat saling mendukung untuk meningkatkan kondisi perekonomian warga.

“Kita juga menggali potensi yang ada di wilayah tersebut untuk dikembangkan, tapi sarana lain seperti akses jalan juga tidak kalah pentingnya. Jangan sampai produktifitas warga macet hanya gara-gara tidak ada akses transportasi yang mendukung,” terangnya.

Termasuk, anggota Satgas TMMD menggali potensi lain dari Desa Cisaat, yakni adanya Situ Cisaat yang perlu dikembangkan sebagai salah satu obyek wisata di Purwakarta.

Menurutnya, potensi-potensi wisata ini harus dikelola dengan baik, baik oleh pemerintah ataupun masyarakat. Karena dari situlah, dia berpendapat, dapat memajukan perekonomian masyarakat.

Dalam hal ini pihaknya juga akan turut membantu mendorong masyarakat supaya bisa mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di sektor wisata yang ada di wilayah mereka. Salah satunya, dengan melakukan membangun fasilitas umum pembinaan langsung ke masyarakat.

“Wisata argo bisnis wisata, kita perkuat karena potensinya bagus untuk ditingkatkan,” tuturnya. (Red)

Laporan: Dedi