NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0619/Purwakarta tidak hanya mahir menggunakan senjata dan alat pertukangan, namun juga dituntut untuk dapat menyediakan kebutuhan sehari-sehari seperti makan dan minum.

Hal ini juga yang dilakukan prajurit di lapangan, siang hari personel Satgas TMMD berjibaku dengan alat pertukangan yang digunakan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan fisik seperti pembuatan jalan dan rehab rumah, malam hari para prajurit memasak sendiri makan malam yang akan disantap bersama.

Dengan berbaur bersama warga, para prajurit memanfaatkan sarana yang ada untuk dapat memenuhi kebutuhan makan dan minum bagi Satgas TMMD dan warga yang rumahnya menjadi tampat tinggal para persenol Satgas.

Seperti diangkapkan Kopda Iwan, dirinya bersam-sama dengan rekan-rekannya yang tergabung dalam Satgas TMMD memasak sendiri nasi beserta lauk-pauk untuk makan malam beserta warga.

“Seperti ini membuat kami semakin dekat dengan warga, warga disini sangat antusias dan menyambut kami dengan tangan terbuka, warga dengan sukarela menyiapkan peralatandapurnya untuk kami gunakan memasak,” ujarnya.

Seperti diketahui, telah beberapa kali pelaksanaan TMMD, personel Satgas TMMD menginap di rumah warga, bagi warga yang memiliki lahan tempat tinggal yang cukup besar, personel Satgas tinggal bersama warga selama pelakasanaan TMMD ini.

Barna (47) salah seorang warga Desa Cisaat yang rumahnya ditempati beberapa personel Satgas TMMD merasa senang dengan kehadiran personel Satgas (prajurit-red) yang tinggal dirumahnya.

“Saya senang rumah saya jadi ramai, setiap malam bapak-bapak TNI banyak bercerita macam-macam, gak disangka juga bapak-bapak dari TNI ternyata pintar memasak, masakannya juga enak-enak, pokoknya mantap lah, saya dan keluarga saya juga bias ikut makan bareng, “ tuturnya dengan dialek khas Jawa Baratnya. (Red)

Laporan: Dedi