NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Senyum Wasem (72) Janda warga Kampung Cisaat RT 13/05 Desa Cisaat KEcamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta terus terpancar setiap personel Satgas TMMD Kodim 0619/Purwakarta mengajaknya bercerita.

Keceriaan Nenek Wasem bukan tanpa alasan, sebab tidak lama lagi dirinya akan memiliki rumah baru layak huni yang dikerjakan oleh personel Satgas TMMD Kodim Purwakarta bersama dengan warga sekitar.

Wasem adalah salah satu dari lima warga Desa Cisaat yang memperoleh bantuan rehab rumah tidak layak huni (Ratilahu) dalam program TMMD ke-106 yang dimotori oleh Kodim 0619/Purwakarta.

Pasiter Kodim 0619/Pwt Lettu Arm Amarudin saat meninjau pelaksanaan TMMD di wilayah Purwakarta mengatakan, selain pengerasan jalan penghubung dua desa, pihaknya juga menentukan pilihan terhadap rumah warga yang tidak layak huni sesuai skala priotitas salah satunya adalah pemilik rumah yang telah berusia senja dan tinggal di rumah yang tidak layak huni.

“Kami prioritaskan rehab Ratilahu ini bagi warga yang memiliki rumah tidak layak untuk ditempati dari sisi kesehatan maupun kondisi rumahnya, selain itu juga diprioritaskan bagi warga yang berusia Manula. “ tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini pengerjaan Ratilahu masih terus berjalan dan progress pembangunannya bervariasi anatar 25 persen sampai 70 persen, “ ungkapnya.

Warsem mengaku, sebelum rumahnya dibedah, selain bangunannya tidak layak huni karena kayu-kayunya sudah lapuk, atapnya juga pada bocor serta tidak punya WC sendiri, sekarang dengan adanya program TMMD, rumahnya dapat diperbaiki sehingga menjadi rumah yang layak huni.

“Alhamdulillah, rumah saya sekarang sudah bagus, ada WC nya dan kalau hujan tidak akan bocor lagi,” ujar Warsem.
Ditempat yang sama, Ketua RW 05 di Desa Cisaat, Ade mengatakan, dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0619 Purwakarta yakni TMMD ke 106, kami sangat berterima kasih, karena dengan TMMD ini warga yang rumahnya tidak layak huni menjadi layak huni dan yang tadinya kalau musim hujan bocor setelah adanya perbaikan nantinya tidak lagi bocor.

“Kami merasa bersyukur dengan adanya bantuan Kodim 0619 Purwakarta melaui program TMMD ini, rumah warga yang tidak layak, kini menjadi bagus,” katanya.

Menurutnya, selain bedah rumah untuk warga, pada kegiatan TMMD ini, dilingkungannya juga diadakan perbaikan jalan lingkungan, jalan yang awalnya rusak, becek dan berlumpur jika musim hujan datang, sekarang menjadi bagus.

“Dengan jalan yang sudah bagus ini, diharapkan bisa memudahkan untuk sarana transportasi dan warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari,” pungkasnya. (Red)

Laporan: Dedi