NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Kedisiplinan adalah modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan, baik itu kegiatan pribadi maupun dalam pekerjaan. Tanpa kedisiplinan pekerjaan yang dilakukan hasilnya tidak akan bisa maksimal.

Demi meningkatkan kedisiplinan Linmas, Sertu Marta, Babinsa Kodim 0619/Purwakarta memberikan pelatihan PBB kepada Linmas di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Senin (21/10/2019).

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan latihan PBB ini diberikan bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan, persaudaraan dan keamanan lingkungan. “Linmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara,” ujarnya.

Sertu Marta pun mengajarkan metode praktek langsung berupa gerakan di tempat yang diikuti oleh puluhan anggota Linmas Desa Cisaat dan Desa Ciparungsari yang sudah terpilih. “Adapun gerakan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dilatihkan terdiri dari sikap sempurna yang benar, lencang kanan, hadap kanan / kiri, balik kanan, penghormatan dan sikap istirahat,” jelasnya.

Sementara itu para Linmas yang mendapat pelatihan terlihat antusias dalam melaksanakan latihan ini dengan penuh rasa semangat dan senang hati. Semangat anggota Linmas itu membuat Babinsa Cisaat merasa bangga, walau rata-rata sudah berumur tidak muda lagi tetapi mereka (Linmas) tetap semangat dalam menjalankan pelatihan PBB.

Maman, seorang anggota Linmas mengatakan, para anggota Linmas sangat bersemangat mengikuti aba-aba yang berikan langsung oleh anggota TNI,berupa beberapa teknik baris berbaris yang baik dan benar, serta berbagai tips seperti mengamankan keadaan ketika situasi yang bahaya, menjaga kedisplinan, dan membuat suasana keadaan lingkungan tenteram.

“Kami para anggota, sangat senang bisa dilatih oleh anggota TNI langsung, dan kami merasa ada kebanggaan tersendiri saat melakukan latihan ini,” tuturnya penuh semangat. (Red)

Laporan: Dedi