NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-106, tak sekadar membangun fisik saja, TMMD juga memiliki sasaran non fisik yang bertujuan membangun Sumber Daya Manusia atau SDM masyarakat setempat. Di antaranya melalui pembekalan wawasan kebangsaan kepada generasi muda.

Ini sesuai dengan yang disampaikan Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho dalam beberapa kesempatan. “TMMD tak hanya membangun desa tapi juga membangun SDM masyarakat desa,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (18/10/2019).

Membangun SDM, sambungnya, masuk ke dalam sasaran non fisik TMMD. “Di sini peran prajurit langsung dirasakan masyarakat. Mulai dari Wasbang hingga olahraga bersama atau latihan bersama,” kata Dandim.
Sasaran kegiatan non fisik TMMD 106 di wilayah Kodim 0619/Purwakarta menyasar kepada generasi muda dan warga masyarakat di Kampung Cisaat dan sekitarnya.

Menurut Yogi, melihat perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi, berdampak kepada penurunnya nilai-nilai kejuangan kepada generasi muda

Sementara para pelajar inilah yang nantinya sebagai penerus perjuangan bangsa ini ke depan.

“Agar timbul karakter dan semangat juang yang tinggi terhadap bela negara apabila ada ancaman gangguan hambatan dan tantangan yang muncul dari negara luar maupun dari dalam negeri sendiri,” tegasnya

Di tempat terpisah, para siswa-siswa SD Negeri Cisaat terlihat sangat antusias menerima penjelasan yang disampaikan Babinsa Serma Aming Martono, dan sampai akhir penjelasan masih ada beberapa siswa yang berbincang-bincangnya tentang kecintaan kepada tanah air.

“Tak jarang siswa minta diajarkan menyanyikan lagu-lagu perjuangan, termasuk juga latihan PBB,” tuturnya. (Red)

Laporan: Dedi