NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 106 Kodim 0619/Purwakarta menggelar kegiatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi warga di Desa Cisaat, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

TMMD juga untuk sarana menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme serta cinta tanah air di dalam diri masyarakat.

Dandim Purwakarta sekaligus Komandan Satgas TMMD ke-106, Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, TMMD bukan hanya kegiatan fisik.

“Kegiatan TMMD ini juga bertujuan untuk membangun karakter masyarakat dan terciptanya TNI manunggal dengan rakyat, sehingga semua masyarakat benar-benar turut serta menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Yogi, Kamis (17/10/2019).

NKRI, lanjut dia, bukan hanya dijaga TNI, namun dijaga pula oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Ini bukan hanya tugas TNI tapi juga tugas bersama seluruh komponen masyarakat Indonesia terlebih khususnya masyarakat Desa Cisaat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Cisaat, Dermawan berterima kasih dengan adanya TMMD. “Terima kasih atas dipilihnya desa kami menjadi lokasi TMMD secara langsung memberikan pembelajaran apa arti kebersamaan dan gotong-royong terutama persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

*Berbagi cerita*

Di Lokasi TMMD tersebut, TNI juga menggelar ngopi bareng dengan warga. “Dengan cara itu semakin hari akan terbangun keakraban antara TNI dan rakyat, sambil mengobrol ngalor ngidul Satgas TMMD dan warga melepas lelah sambil menyeruput kopi menghantarkan kehangatan silaturahmi,” papar Sertu Robina, anggota Satgas TMMD Kodim 0619/Pwk.

”Ngobrol bersama warga di sela-sela istirahat sore akan menjadi sarana efektif membangun komunikasi dua arah antara warga dan TNI,” jelasnya.

Sertu Robina, anggota Kodim 0619/Pwk yang ditetapkan menjadi Satgas TMMD mengungkapkan, warga sangat antusias membantu Satgas TMMD.

Dalam bekerja satgas TMMD sering mencandai warga dan menceritakan tentang perang yang membuat warga merasa tertarik.

“Biasanya kita saling berbagi cerita. Kami cerita bagaimana kehidupan militer dan warga cerita keterbatasan warga Cisaat selama ini namun tetap bahagia,” tuturnya. (Red)

Laporan: Dedi