NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0619/Purwakarta melaksanakan pembangunan infrastruktur di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka. Perwira Seksi Teritorial, Kapten Arm Amarudin, melaporkan TMMD di Desa Cisaat, Setiap hari kegiatan ini didukung 150 orang dari Kodim 0619/Purwakarta, aparat desa, dan masyarakat di Cisaat.

Sasaran kegiatan fisik TMMD pengecoran jalan penghubung desa yang menghubungkan Desa Cisaat dan Desa Ciparungsari, yakni betonisasi jalan 650 meter, gorong-gorong, rehab rumah tidak layak huni 5 unit, rehab tempat ibadah, dan pembangunan Poskamling. Kemudian sasaran non fisik berupa penyuluhan masyarakat, Wasbang dan pertanian.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah daerah melalui TMMD menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan dan mendayagunakan potensi desa,” kata Kades Cisaat Ahyar, Sabtu (19/10/2019).

“Program TMMD merupakan bagian dan cara merawat atau mengikat kebersamaan, serta kegotongroyongan masyarakat,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan kemiskinan.

Mengatasi kemiskinan, mewujudkan daulat pangan dan energy, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara baik,memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, harus ada peran serta semua elemen masyarakat untuk bisa terwujud, “ jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan, TMMD ke-106 yang berlangsung selama 30 hari, sejak 2 hingga 31 Oktober 2019, tidak hanya membangun sasaran fisik, tapi juga non pisik.

“Pembangunan non pisik, antara lain memberikan penyuluhan pertanian, peternakan, bina keluarga balita, hidup bersih dan rumah sehat. Penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsasan,” pungkasnya. (Red)

Laporan: Dedi