NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 0619/Purwakarta, melaksanakan kegiatan non fisik dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada balita di sekitar lokasi kegiatan, Sabtu (19/10/2019).

Pelayanan Kesehatan gratis yang digelar di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta ini, oleh Satgas TMMD ke 106 Kodim 0619/Purwakarta ini melalui penimbangan balita dan pemberian vaksin kepada balita warga Kampung Cisaat, Sabtu (19/10/2019).

Babinsa Serda Sriyono mengatakan, pelayanan kesehatan kepada Balita ini merupakan salah satu kegiatan dari penyelenggaraan perlindungan anak di bidang kesehatan, yang dimulai sejak bayi berada di dalam kandungan, masa bayi, balita, usia sekolah dan remaja.

“Program tersebut bertujuan untuk menjamin kelangsungan hidup bayi baru lahir, memelihara dan meningkatkan kesehatan anak sesuai tumbuh kembangnya, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup anak yang akan menjadi sumber daya pembangunan bangsa di masa mendatang,” ujarnya.

Selain itu, dalam pelayanan kesehatan ini diberikan juga pengetahuan kepada para ibu betapa pentingnya menjaga asupan makan bayi.

“Ini yang kadang kita sepelekan, padahal asupan makanan untuk balita ini sangat penting diperhatikan dalam menjaga pertumbuhan si bayi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Entin seorang ibu yang ikut menimbangkan bayinya pada pelayanan kesehatan ini merasa bersyukur atas diadakannya pelayanan kesehatan untuk balita ini.

“Selama ini kami jarang sekali menimbang bayi, padahal setelah mendapat penjelasan, pemeriksaan kesehatan bayi serta asupan gizinya begitu penting dilakukan,” tuturnya.

Dirinya pun berterima kasih, kegiatan TMMD yang menyasar Desa Cisaat mendapatkan keuntungan ganda bagi keluarganya.

“Terima kasih Pak, kehadiran TMMD sangat membantu warga, selain jalan diperbaiki, anak-anak juga dapat pelayanan kesehatan secara gratis pula,” pungkasnya. (Red)

Laporan: Dedi