Natindonees.com, Natuna – nelayan Natuna tergabung dalam Aliansi Nelayan Natuna (ANNA) menyerbu kantor DPRD Kabupaten Natuna. Mereka menolak nelayan dari Pantura mencari ikan di perairan Natuna mengunakan pukat catrang, Kamis, 27 Februari 2020.

Ratusan nelayan tersebut menyampaikan aspirasi tersebut kepada DPRD Natuna agar hal ini di sampaikan kepada kementerian terkait. Kehadiran mereka di sambut oleh Ketua dan anggota DPRD Natuna dan menerima perwakilan dari para nelayan untuk melakukan dialog di ruang paripurna.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Natuna, Hamid Rizal juga hadir dalam dialog yang difasilitasi oleh DPRD Natuna.

Menurut salah seorang perwakilan dari ANNA menjelaskan bahwa penolakan ini berdasarkan hasil kesepakatan dari seluruh nelayan yang ada di Natuna. Mereka tidak ingin dengan kehadiran nelayan dari Pantura yang menggunakan cantrang dapat merusak ekosistem laut sehingga akan menyusahkan generasi penerus masyarakat Natuna.

“Kami bukan menolak nelayan Pantura tetapi kami menolak yang nama nya catrang, kalau nelayan Pantura mau menelayan di laut Natuna kami mempersilahkan tetapi menggunakan alat tradisional seperti kami” ujar perwakilan nelayan tersebut.

Dalam aksi demo damai ini mereka dapat pengawalan dari polres Natuna berjumlah 40 personil gabungan dan 30 Brimobda Polda Kepri.

Hingga berita ini terbit demo berjalan lancar dan dialog bersama pihak eksekutif dan legislatif serta pihak terkait masih berlangsung di ruang paripurna. (Oki)