NATINDONEWS.COM. NATUNA – Upacara hari jadi Kabupaten Natuna ke-20 dilaksanakan di halaman kantor Bupati jalan Bukit Arai Ranai Natuna Sabtu 12/10/2019.

Pembacaan sejarah terbentuknya Kabupaten Natuna dengan tema “membangun negeri mensejahterakan rakyat” awali giat upacara.

Berbagai penghargaan diterima Pemkab Natuna dihari jadi ke 20. Pemerintah Natuna juga memberikan penghargaan kepada sejumlah OPD, sekolah, dan masyarakat.

Banyaknya capaian pembangunan merupakan hasil kerjasama semua pihak. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh lapisan masyarakat dan seluruh jajaran di pemerintah daerah terjalin sinergitas yang baik.

“Namun untuk mewujudkan pemerataan pembangunan, perlu upaya realisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) sebagaimana dituangkan dalam Perda Nomor 7 Tahun 2016. Selanjutnya dijabarkan dalam Visi dan Misi pembangunan, mewujudkan masyarakat Natuna, cerdas, mandiri dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan,” ucap Hamid Rizal.

Sebagai bentuk motivasi kerja pemerintah, Hamid Rizal menyampaikan beberapa penghargaan telah diraih oleh Pemerintah Daerah dari Pemerintah Pusat maupun Organisasi/Lembaga, seperti penghargaan WTP dari Menteri Keuangan, selama 2 tahun berturut-turut, Alif Stone Park juara tiga
Sebagai daerah Geopark Indonesia dan masih banyak lagi penghargaan lainya.

Penghargaan juga diberikan kepada beberapa OPD atas kinerjanya. Hal ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada OPD lainya agar dapat meningkatkan kerja untuk lebih baik lagi.

Penghargaan kategori pelayanan publik yang baik diberikan kepada Disdukcapil Natuna dan RSUD. Peringkat 1 penyaluran Dana Desa, Juara 2 tingkat Provinsi diraih Dinas Ketahanan Pangan . Penghargaan kepada Dinas Perempuan dan anak terkait kesetaraan gender.

“Indeks pembangunan manusia tertinggi ke 4 di Kepri . PDRB Perkapita meningkat.5,0 persen, kuwalitas kesehatan meningkat, kuwalitas pendidikan juga meningkat,” ungkap Hamid.

Menurutnya, saat ini pemerintah daerah lebih memprioritaskan langkah pembenahan, baik pada pengelolaan keuangan, pengawasan serta peningkatan mutu sumberdaya manusia, optimalisasi pemberdayaan potensi bagi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD Natuna beserta anggota, wakil Bupati Natuna, Sekda Natuna. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah, pimpinan lembaga vertikal dan tokoh masyarakat. (Red)