NATINDONEWS.COM. NATUNA – Sekda Natuna, Wan Siswandi S.Sos. Msi, secara simbolis menyerahkan Kapal Hibah dari kementrian perhubungan untuk masyarakat Kecamatan Subi. Bantuan diterima oleh Camat Subi, Awang Natuna Putra, di Pelabuhan Tanjung Payung Penagi, Sabtu 30 November 2019.

Wan Siswandi mengatakan bantuan kapal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi penduduk Natuna yang sebagian besar wilayahnya merupakan kepulauan dan 99 persen laut, sehingga kapal merupakan transportasi yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi masyarakat.

Kapal tersebut bernama KM Banawa Nusantara 52 , bermuatan kurang lebih 30 orang, dilengkapi berbagai fasilitas seperti navigasi lengkap, kompas, GPS, dan lift jeket sebagi pengaman .

“Kapal ini juga bisa di gunakan untuk keperluan mendesak, contohnya untuk mengantarkan orang yang sakit agar cepat ditangani. Pelan tapi pasti, kita akan usakan tiap kecamatan memiliki kapal sendiri,” ujarnya.

Sementara itu Camat Subi, Awang Natuna Saputra selaku penerima kapal mengucapkan rasa terimakasih yang sangat besar kepada Kementrian Perhubungan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna yang telah menghibahkan Kapal Pelayanan Rakyat untuk Kecamatan Subi.

Menurutnya, sebelum adanya Kapal Ini, masyarakat Subi hanya memiliki transportasi 1 Pompong milik Kecamatan dan itu hanya difungsikan untuk masalah yang bersifat urgensi saja.

“Semoga dengan adanya Kapal ini mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat Subi baik yang ingin berobat ke RSUD maupun untuk menyuplai bahan-bahan pokok bagi Masyarakat Subi” jelasnya.

Rasa terimakasih juga disampaikan oleh salah seorang warga Subi, Arwanto. Menurutnya, dengan adanya kapal hibah ini tentunya banyak manfaat yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

“Terimakasih untuk Pemerintah Natuna yang telah mengusulkan kapal ini ke Kementerian Perhubungan, semoga dapat bermanfaat bagi kami,” tuturnya.

Hingga saat ini, Natuna mendapatkan kapal hibah dari Kementerian Perhubungan sebanyak 4 kapal. 2 buah KM Fisabilillah untuk kecamatan Pulau Laut dan Midai, senjutnya KM Banawa Nusantara untuk seluan dan Kecamatan Subi. (Oki)