NATINDONEWS.COM. NATUNA – Pekan Orientasi Madrasah Tsanawiyah (Pormats) ke-6 se-Kabupaten Natuna dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna melalui Sekretaris Daerah, Wan Siswandi S.Sos. Msi, Senin (21/10) di Gedung Air Batang desa Mekar Jaya Kecamatan Bunguran Selatan.

Pormats adalah kegiatan rutin tiap dua tahun yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Natuna. Kegiatan kali ini diikuti oleh 14 MTS yang ada di Kabupaten Natuna, dilaksanakan di MTS Miftahunnajah Desa Mekar Jaya dengan tema “mengembangkan sikap inovatif, kreatif, sportifsportif dan rasa kebersamaan dalam mewujudkan Madrasah hebat bermartabat”

Sekda Natuna, Wan Siswandi sangat mengapresiasi kegiatan Pormats ini. Menurutnya, kegiatan ini mengandung pesan moral yang tinggi untuk menciptakan pemimpin hebat.

“Ada lomba bidang agama di sini, sehingga kelak kalau jadi pemimpin mempunyai landasan agama dan Al-Quran,” ungkapnya.

Wan Siswandi menunjukan kepada yang hadir bahwa banyak pejabat teras Natuna berasal dari MTS. Hal ini disampaikannya untuk motivasi dan dukungan kepada para murid MTS yang hadir.

Selain itu, Wan Siswandi juga menyinggung tentang pembangunan di desa Mekar Jaya yang masih dalam proses pelaksanaan. Baik itu akses jalan maupun signal seluler.

“Terimakasih buat DPRD Natuna yang telah mengesankan anggaran pembangunan jalan di wilayah desa Mekar Jaya dan sekitarnya. Untuk signal seluler kita telah mengusulkan ke Kementerian, dan InsyaAllah dalam waktu dekat akan di bangun tower di daerah ini. Kita sifatnya hanya mengusulkan, dan kita berharap hal tersebut dapat cepat terlaksana,” ungkapnya.

Sementara, menurut Kepala Kementrian Agama Kabupaten Natuna, Drs. H. Ahmad husen mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para donatur dan masyarakat hingga terlaksananya kegiatan ini.

“Kita berharap dari kegiatan ini dapat muncul bibit-bibit seni dan olah raga dari para murid MTS yang bisa memharumkan nama daerah. Kita selalu menyalurkan bakat mereka diberbagai event, baik tingkat provinsi maupun nasional,” ungkap Ahmad Husen.

Dirinya juga menjelaskan, telah banyak anak MTS Natuna yang telah mewakili Provinsi Kepri di tingkat Nasional dalam lomba Sains. Oleh karenanya, ia berharap dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat agar MTS dapat meningkatkan prestasi bagi para murid agar lebih baik lagi.

“Saya juga berharap dari pihak DPRD Natuna, untuk memberi dukungan baik anggaran maupun spirit lainya,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Bunguran Barat, Tri didik Sisworo, S.STP. berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta agar dapat mengembangkan diri secara baik untuk bekal hidup dikemudian hari.

“Ini ajang silaturahmi, semoga para murid MTS dapat pengalaman ditempat baru, sehingga dapat meningkatkan kompetensi diri dan menambah kreativitas para murid,” harapnya.

Pormats kali ini diisi dengan berbagai kegiatan lomba seperti Syarhil Qur’an, Hibzil Qur’an, Tilawah, Tartir dan Fahmi Qur’an. Di bidang ada beberapa olah raga yang dilombakan diantaranya, bola voly dan takraw.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten 1 dan beberapa Ka. OPD serta camat, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD serta anggota DPRD, tokoh dan ratusan masyarakat. Kegiatan juga diisi dengan berbagai tari persembahan dari masing-masing MTS. (Red)