NATINDONEWS.COM. PURWAKARTA – Warga Desa Cisaat menyambut gembira digelarnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 106 di wilayah Kodim 0619/Purwakarta.

Hal ini disampaikan Tamin (60), yang menyatakan bahwa warga desa semangat dan senang dengan adanya program TMMD di desa mereka, dengan adanya program ini warga tidak lagi kesulitan untuk beraktivitas khususnya anak sekolah.

Seluruh warga merasa senang dengan adanya program TMMD ini, karena sebelum adanya program TMMD ini, akses jalan buat masyarakat tidak bisa di lalui oleh mobil dan tersendat. “Dengan adanya program TMMD ke 106 ini, Alhamdulillah jalan penghubung antar kampung sebentar lagi akan selesai,” ujarnya, Jumat(18/10).

Diungkapkan Tamin, sebelum ada jalan ini, jika hujan akses jalan sangat sulit dilalui, khususnya bagi anak-anak sekolah, hingga warga harus jalan memutar dan jauh.

“Pada musim hujan anak anak sangat susah dan kesiangan ke sekolah karena akses jalannya becek dan harus melalui sasak untuk sampai ke sekolah,” ungkapnya.

Dengan adanya program TMMD, jalan pun makin bagus, warga juga merasa terbantu renovasi Masjid dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni buat warga yang tidak mampu.”

Selain itu, dengan adanya TMMD ini warga yang tidak layak dapat bantuan Rutilahu, dan perbaikan sarana seperti Masjid di Kampung Cisaat,” pungkasnya.

Hasan anak dari Tamin penerima manfaat pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kampung Cisaat, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada jajaran Kodim 0619/Purwakarta karena telah membantu keluarganya.

“Kami berterima kasih kepada Kodim Purwakarta karena sudah membedah rumah kami, kami sekali lagi mengucapkan terima kasih,” kata Hasan.

Sementara itu, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho menyampaikan, perkembangan program TMMD ke-106 yang dilaksanakan di Kampung Cisaat, Kecamatan Campaka sudah mencapai 70 persen.

“Program TMMD di Desa Cisaat dan Ciparungsari sejauh ini sudah berjalan sekitar 70 persen, pembangunan gorong-gorong, rehab rumah dan Masjid serta berbagai penyuluhan bagi warga sudah hampir rampung. Selanjutnya proses pengerasan jalan, pembangunan Rutilahu dan Poskampling masih dalam proses pengerjaan,” paparnya.

Sebelumnya, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2019 ke 106 dengan tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat” di Kodim 0619/Lebak merupakan salah satu program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, kementerian dan lembaga pemerintah maupun nonpemerintah dan dilaksanakan tiga kali dalam setahun dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Red)

Laporan: Dedi