Natindonews.com. Natuna – Pembentukan provinsi khusus Natuna-Anambas, ternyata sudah menjadi impian masyarakat beberapa tahun silam, tepatnya pada tahun 2002.

Niat untuk memekarkan diri menjadi provinsi ini diprakarsai oleh beberapa orang tokoh masyarakat Natuna dan Anambas sewaktu masih tergabung menjadi satu wilayah kabupaten dalam sebuah seminar.

Hal ini diungkapkan oleh mantan ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Natuna (IPMKN) Pekan Baru, Zaharuddin atau lebih dikenal dengan panggilan hari-hari dengan sebutan Deng, Minggu (11/4) melalui handphone pribadinya.

Seminar di Hotel Dian Pekan Baru tahun 2002

Menurut Deng, salah satu tokoh masyarakat Natuna yang menjadi pencetus untuk menjadikan Natuna dan Anambas menjadi provinsi adalah Daeng Rusnadi mantan bupati Natuna, periode 2006-20011.

“Waktu itu mereka membuat seminar di Hotel Dian Graha Pekanbaru, untuk membahas pembentukan provinsi Natuna – Anambas, sekitar tanggal 22 November 2002,” ungkap Deng.

Selain Daeng Rusnadi, kata Deng, ada beberapa tokoh lainya seperti, Hamdan Zulfa sebagai pembicara, Prof.Dr. Tabrani Rab dari Komisi 2 DPR RI, Yusli Yusuf, Almarhum Sofyan Samsir, dan dirinya sendiri perwakilan dari mahasiswa.

“Sebagai anak daerah, kita dukung kalau sekarang ada yang meneruskan perjuangan, pembentukan Provinsi Khusus Natuna-Anambas. Namun demikian janganlah sampai mengaku diri paling berjasa dalam pembentukan ini, marilah kita sama-sama untuk mewujudkanya,” ungkapnya.

Menurutnya, perjuangan pembentukan Provinsi Natuna Anambas adalah perjuangan bersama seluruh masyarakat Natuna dan Anambas yang menginginkan lebih cepatnya pembangunan di kedua wilayah kabupaten di ujung Utara NKRI ini. (Red)